33ab98051d4d36c28a3a5d38647d0b02

5 Jajanan Unik Luar Negeri yang Wajib Dicoba!

Halo, Fosterlovers!

Memiliki daya tariknya sendiri, street food atau makanan pinggir jalan memang selalu berhasil memikat hati wisatawan lokal maupun manacenagara, lho. Travelling bisa dikatakan belum sah jika kita belum pernah mencoba street food dari negara yang kita kunjungi tersebut.

Street food yang terkenal dengan harganya yang terjangkau dan variasinya yang beragam, menjadi hal yang wajib banget kamu coba kala bepergian ke negara lain. Apalagi jika street food tersebut ternyata dinilai cukup unik, pasti kamu penasaran untuk mencobanya, dong? So, yuk simak apa aja street food unik dari beberapa negara berikut yang wajib banget kamu cobain!

Filipina – Balut

Street food unik ini sangat terkenal di negara Filipina, lho. Jadi, balut itu adalah sebuah telur embrio dari ayam atau bebek yang masih berusia 18 – 21 hari dan direbus hidup-hidup.

Biasanya disantap dengan tambahan garam atau cuka, balut mengandung protein dengan tingkat kalori yang sedikit. Jika tertarik untuk mencoba, kamu bisa mengunjungi pasar-pasar pinggiran di Filipina saat malam hari, Fosterlovers. Tertarik?

Street food balut dari Filipina (sumber: Pinterest)

Afrika Selatan – Biltong

Memiliki tampilan yang mirip dengan dendeng, biltong ini bisa dibuat dari beragam daging hewan seperti rusa, sapi, babi dan burung unta. Biltong dipotong panjang-panjang menyesuaikan jalur urat dari daging lalu dikeringkan hanya menggunakan suhu udara di dalam ruangan khusus.

Setelah itu, bilton dilumuri dengan garam dan rempah-rempah untuk menciptakan rasa sebelum kemudian digantung. Karena tidak dijemur dan diasapi, proses pembuatan biltong ini bisa memakan waktu 20 hari hingga sebulan, lho!

Street food biltong dari Afrika Selatan (sumber: Pinterest)

Indonesia – Aci

Yup Indonesia juga punya nih street food yang juga digemari oleh banyak orang. Adalah aci! Yang merupakan endapan tepung tapioka dan berasal dari ekstrak tanaman singkong. Memiliki tekstur yang lembut, aci menjadi bahan baku berbagai makanan pinggir jalan seperti cireng (aci digoreng), cilok (aci drebus yang dicolok) dan cimol (aci digemol). Nah biasanya, cireng, cilok dan cimol ini disajikan dengan berbagai tambahan seperti saus, kecap, kuah kaldu, hingga kuah kacang.

Street food cireng dari Indonesia (sumber: Pinterest)

Taiwan – Chou Doufu

Street food yang menjadi jajanan favorit masyarakat Taiwan ini kadang juga dikenal sebagai tahu busuk, lho. Memiliki aroma yang menyengat, chou doufu merupakan olahan hasil dari fermentasi. Untuk penyajiannya, chou doufu bisa disajikan dalam berbagai cara seperti direbus, dikukus, hingga digoreng dengan campuran minyak wijen, cuka, ketimun, bawang putih, acar dan sambal.

Street food chou doufu dari taiwan (sumber: Pinterest)

Thailand – Goong Ten

Sajian tradisional yang berasal dari sungai Mekong, Thailand ini memiliki penampilan yang menyerupai salad. Bahan utamanya adalah udang yang masih hidup dan dikombinasikan dengan bumbu dapur seperti garam, lada, bawang merah dan air perasan buah lemon.

Uniknya, saat akan dilumuri dengan air perasan buah lemon, udang-udang yang masih hidup ini akan meloncat-loncat dan akan sedikit sulit untuk dimakan. Karena hal inilah street food yang satu ini terkadang juga disebut sebagai udang menari.

Street food goong ten dari Thailand (sumber: Pinterest)

Sekarang kamu bisa pesan bolu enak dan murah di Lampung Banana Foster. Berbagai jenis bolu serta brownies dengan harga hanya 35 ribu rupiah saja per varian. Cocok untuk dijadikan jamuan serta hidangan acara besar keluarga anda.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram